SELAMAT DATANG, SUGENG RAWUH, WILUJENG SUMPING, WELCOME

Blog ini dibuat dengan berdasar keingintahuan dan minat terhadap perkembangan IT. Bila masih banyak kekurangannya mohon dimaafkan dan bila berkenan dapat memberikan masukan guna perbaikan kedepannya. Bimbingan dari sesama blogger sangat saya nantikan... trims.

Selasa, 23 Juli 2013

Ini Cara Menghindari Lapar Berlebihan yang Bisa Mengacaukan Diet

Jakarta, Diet untuk menurunkan berat badan itu susah-susah gampang. Kuncinya adalah konsistensi. Salah satu yang bisa mengacaukan diet adalah ketika mengalami lapar berlebihan.

Selain lapar berlebihan, makan saat marah juga menjadi penyebab kacaunya program diet penurunan berat badan. Sebab tanpa disadari, makan saat sedang marah bisa membuat kalori yang masuk ke dalam tubuh menjadi berlebihan dan efeknya berat badan bisa meningkat.

Nah, untuk mengatasi munculnya rasa lapar berlebihan, ahli kebugaran, John Gloster, menyarankan ada baiknya seseorang memahami jam tubuhnya sendiri. Penting juga untuk memahami perbedaan antara rasa lapar yang sebenarnya dan kontraksi perut.

Kadang-kadang tubuh Anda dapat mengirimkan sinyal ke otak bahwa Anda lapar. Ini terjadi karena makanan memiliki banyak cairan yang terkandung di dalamnya. Namun jika Anda ragu apakah Anda sedang lapar atau haus, sebaiknya pastikan terlebih dahulu asupan cairan Anda dalam sehari terpenuhi.

Untuk memastikan Anda tidak mengalami rasa lapar saat diet, cobalah konsumsi minuman seperti air kelapa atau teh hijau. Selain itu, untuk camilan pililah kacang kedelai atau energy bar.

Berikut cara untuk menghindari rasa lapar yang berlebihan, seperti dikutip dari Times of India, Kamis (11/7/2013):

1. Jangan pernah lewatkan sarapan

Tidak sarapan, baik karena sengaja maupun tidak, akan membuat Anda mengalami lapar yang berlebihan pada siang harinya. Sangat dianjurkan untuk selalu sarapan dengan menu karbohidrat kompleks dan protein rendah lemak, seperti roti gandum.

2. Rencanakan menu Anda hari ini

Pastikan bahwa Anda membawa camilan rendah kalori dan air putih. Buat catatan pukul berapa kira-kira Anda akan mengonsumsi makan besar dan camilan tersebut. Jangan lupa untuk selalu mematuhi catatan yang telah Anda buat.

3. Pilih lemak sehat

Tubuh Anda sebenarnya juga membutuhkan sejumlah lemak. Namun penting untuk memilih lemak sehat seperti minyak zaitun dan daging ikan.

4. Jangan potong kalori secara drastis

Pemotongan kalori terlalu drastis akan membuat metabolisme Anda melambat dan menyebabkan Anda menjadi lapar sepanjang waktu.

5. Makan makanan rendah kalori

Brokoli, kembang kol, dan salad sayuran salad bisa mengisi kebutuhan kalori Anda dan membantu mencegah kelaparan berlebihan.

6. Jauhi camilan bergula dan karbohidrat sederhana

Camilan manis dan karbohidrat sedernana misalnya seperti cake dan donat. Mengonsumsi makanan jenis ini akan membuat gula darah Anda meningkat. Efek yang diberikan akibat peningkatan ini adalah muncul rasa marah, gelisah, dan tentu saja lapar berlebihan.

7. Makan cukup protein

Studi ilmiah menunjukkan bahwa protein memberi efek kenyang lebih lama daripada karbohidrat. Contoh makanan tinggi protein antara lain telur dan daging.

http://health.detik.com/read/2013/07/11/082802/2298816/1410/ini-cara-menghindari-lapar-berlebihan-yang-bisa-mengacaukan-diet?l771108bcj

Tidak ada komentar:

Posting Komentar